Tips Main Basket Tanpa Kena Cedera Lutut

Tips Main Basket Tanpa Kena Cedera Lutut

Tips Main Basket Tanpa Kena Cedera Lutut. Jika Anda suka Main basket tentunya Anda tahu bahwa cedera lutut adalah salah satu kondisi yang paling umum terjadi pada pemain bola basket. Berbagai gerakan dalam bola basket seperti lari cepat, mengubah rute lari, dan jatuh membuat sendi lutut, ligamen robek, dan cedera lainnya.

Jika Anda adalah penggemar bola basket, lutut Anda pasti akan berisiko cedera. Satu-satunya solusi adalah memastikan lutut Anda dalam kondisi optimal sekaligus menurunkan risiko cedera. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana Tips Bermain Basket Tanpa Kena Cedera Lutut?

⦁ Lakukan Peregangan Dinamis dan Pasif

Lutut yang fleksibel memiliki risiko cedera yang lebih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan fleksibilitas adalah dengan melakukan peregangan. Namun, pastikan Anda tahu kapan harus melakukan peregangan dinamis, dan kapan harus melakukan peregangan pasif.

Peregangan dinamis seperti satu kaki di depan kemudian menekuk lutut ke posisi tubuh bagian bawah yang harus dilakukan sebelum pertandingan. Selain bergerak selama pertandingan, peregangan dinamis juga membantu meningkatkan suhu tubuh dan mempersiapkan Anda untuk berolahraga.

Sebaliknya, peregangan pasif melibatkan gerakan peregangan yang dilakukan dalam posisi diam, menahan gerakan selama 15 hingga 30 detik. Peregangan ini sangat bagus setelah berolahraga karena membantu “memperpanjang” otot.

⦁ Lakukan Pemanasan Yang Cukup

Pemanasan adalah kunci kesehatan sendi yang tidak mudah cedera, termasuk lutut. Anda bisa melakukan pemanasan seperti berjalan di tempat, jogging, jumping jack, dan lain sebagainya. Pemanasan berlangsung selama 5 menit dinamis sebelum Anda mulai melakukan peregangan.

Dengan pemanasan, otot Anda tidak hanya lebih fleksibel dan siap untuk berolahraga. Suhu tubuh Anda juga meningkat dan Anda lebih siap untuk bersaing.

⦁ Mencegah Dehidrasi

Pastikan Anda minum cukup sebelum pertandingan untuk menghindari dehidrasi. Saat tubuh kekurangan air, aliran darah ke lutut terhambat. Lutut Anda juga akan lebih rentan cedera dibandingkan jika Anda minum cukup air. Jangan lupa minum 1 liter air sekitar dua jam sebelum pertandingan, dan minum setengahnya 30 menit sebelumnya.

Saat bertanding, Anda bisa memanfaatkan waktu berolahraga untuk minum. Jika kepala Anda mulai berputar atau langkah Anda sedikit seimbang bahkan selama pertandingan, pastikan untuk berhenti karena itu mungkin merupakan tanda dehidrasi.

⦁ Lakukan Latihan Tambahan untuk Fleksibilitas

Beberapa jenis latihan atau olahraga di luar lapangan cocok untuk melatih persendian dan meningkatkan kelenturan. Anda dapat mencoba berenang, yoga, atau sepeda stasioner. Ketiga latihan ini tidak terlalu lemah tetapi tetap aktif. melakukan latihan yang tidak terlalu lembut pada lutut juga memberikan variasi pada rutinitas latihan fisik Anda.

⦁ Istirahat yang cukup

Pastikan Anda cukup istirahat dan tidur sebelum pertandingan atau pertandingan bola basket yang intens. Jika Anda kurang tidur, Anda akan mudah kehilangan keseimbangan, pusing, goyah, terpeleset, dan serangkaian kecerobohan lainnya selama pertandingan. Hal ini dapat mengakibatkan cedera pada lutut atau anggota tubuh lainnya.

⦁ Gunakan Aksesoris Pendukung yang Tepat

Jaga lutut Anda dalam kondisi yang baik dengan mengenakan penyangga pergelangan kaki yang nyaman, kaus kaki olahraga, dan sepatu basket. Aksesori ini membuat kaki Anda dapat bermanuver secara optimal sekaligus nyaman.

⦁ Mengatasi Mendorong Diri Sendiri

Terakhir, pastikan Anda mendengarkan tubuh Anda. ketika Anda mulai merasa saat berlatih atau bertanding, jangan berolahraga sendirian. Berhenti dan periksa lutut Anda agar tidak pernah cedera serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *