Pelanggaran Bola Basket dan Hukumannya

Pelanggaran Bola Basket dan Hukumannya

Pelanggaran Bola Basket dan Hukumannya. Pelanggaran bola basket atau yang biasa disebut dengan foul merupakan hal-hal yang perlu dihindari dalam bermain bola basket agar permainan dapat berjalan dengan kondusif dan sportif, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kekalahan.

Selain harus menguasai teknik dasar bola basket, Anda juga harus memahami pelanggaran dan kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat bermain bola basket. Berikut ini adalah beberapa pelanggaran dalam permainan bola basket.

Apa Saja Pelanggran Dalam Permainan Bola Basket?

Blocking Foul

Blocking Foul adalah pelanggaran karena pemain menghentikan pemain tim lawan dengan sengaja dengan menutup gerakan secara tiba-tiba sehingga pemain dari tim lawan kehilangan keseimbangan saat melakukan shooting. Hukuman untuk Blocking Foul adalah lemparan bebas.

Flagrant Foul

Flagrant Foul adalah pelanggaran tidak etis karena pemain dengan sengaja melukai pemain dari tim lawan atau mengenai tubuh lawan saat duel. Pelanggaran jenis ini juga termasuk dalam kategori berat sehingga bisa mendapatkan skorsing.

Hukuman yang diberikan untuk pelanggaran yang mencolok termasuk pelanggaran teknis, lemparan bebas, pelanggaran, dan skorsing.

Traveling Foul

Traveling Foul adalah pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain ketika ia mengambil lebih dari 2 langkah tanpa menggiring bola. Jenis pelanggaran ini biasanya terjadi pada tingkat junior atau pemula.

Jenis pelanggaran ini juga sering terjadi di kompetisi NBA dimana pemain bingung mencari ruang untuk menembak sehingga akhirnya melakukan langkah mundur yang berlebihan. Hukuman untuk traveling foul ini adalah turnover.

Personal Foul

Personal Foul merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh individu dan merupakan pelanggaran yang paling sering terjadi. Dalam skala permainan NBA, setiap pemain memiliki bagian 5 pelanggaran pribadi.

Jika pemain melakukan pelanggaran untuk keenam kalinya, pemain akan dikeluarkan dari pertandingan (foul out). Hukuman yang diberikan untuk jenis pelanggaran ini berupa free throw, throw-in, dan foul out.

Team Foul

Team Foul atau pelanggaran tim adalah jenis pelanggaran yang dilakukan oleh satu tim secara kumulatif. Jika 5 pemain dari sebuah tim semuanya melakukan 1 pelanggaran, maka pelanggaran yang dilakukan adalah 5 pelanggaran tim.

Hukuman untuk jenis pelanggaran ini adalah triwulanan. Jika pelanggaran tim yang dikumpulkan dalam 1 kuarter kurang dari 5 kali, penalti yang diberikan adalah lemparan ke dalam.
Sedangkan jika sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali maka hukumannya adalah free throw. Namun, persyaratan ini tidak berlaku untuk kategori pelanggaran tim lainnya, seperti pelanggaran pemblokiran dan pelanggaran menembak.

Technical Foul

Technical Foul merupakan pelanggaran bola basket yang tergolong berat. Pelanggaran ini terjadi ketika seorang pemain melontarkan kata-kata kasar yang dilontarkan kepada ofisial pertandingan.

Pelanggaran ini juga bisa terjadi ketika pemain melakukan gerakan berlebihan, memicu perkelahian antar pemain, dan bermain tidak sesuai aturan (tidak sesuai aturan main). Jika seorang pemain melakukan 2 pelanggaran jenis ini, dia akan dikeluarkan dan tim lawan akan diberikan lemparan bebas.

Three Seconds Violation

Three Seconds Violation adalah pelanggaran atau kesalahan yang disebabkan oleh kelalaian pemain saat bergerak di area paint selama 3 detik. Pemain yang berdiri di area ini diharuskan untuk melakukan gerakan aktif baik saat menyerang maupun bertahan.

Jika pemain diam dan tidak melakukan gerakan apa pun dalam waktu 3 detik, maka itu dianggap pelanggaran dan penaltinya adalah lemparan bebas atau lemparan ke dalam.

Pelanggaran 8 Detik

Pelanggaran 8 Detik adalah pelanggaran bola basket yang disebabkan ketika seorang pemain menggiring bola di daerahnya sendiri selama lebih dari 8 detik. Hukuman yang diberikan untuk jenis pelanggaran ini berupa turnover atau transfer bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *