5 Gelandang Timnas Indonesia

5 Gelandang Timnas Indonesia Lawan Curacao

5 Gelandang Timnas Indonesia Lawan Curacao. Komposisi pemain di lini tengah Timnas Indonesia untuk laga melawan Curacao terbilang sudah lengkap. Shin Tae-yong telah memilih lima pemain dengan karakter berbeda dan kekuatan yang sangat spesifik.

Timnas Indonesia akan bertemu Curacao dalam dua laga uji coba FIFA Matchday. Laga pertama akan dimainkan pada Sabtu (24/9/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Sedangkan pertandingan kedua digelar tiga hari kemudian di Stadion Pakansari.

Shin Tae-yong memanggil 23 pemain untuk dua pertandingan. Di antara 23 pemain tersebut, Shin Tae-yong membawa lima pemain yang berposisi sebagai gelandang. Mereka adalah Rachmat Irianto, Marselino Ferdinand, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, dan Rikcy Kambuaya.

Rachmat Irianto 5 Gelandang Timnas Indonesia

Rachmat Irianto adalah pemain spesial. Rian dapat memainkan banyak peran dan formasi dengan sama baiknya, terutama untuk tugas-tugas bertahan. Ia bisa bermain sebagai bek tengah, gelandang bertahan, hingga full-back.

Rian menjadi pilihan utama di Persib Bandung. Dari 10 laga yang dimainkan Persib di BRI Liga 1, Irianto tidak pernah absen. Padahal, di era Luis Milla, Rian dipercaya sebagai kapten. Rian adalah salah satu raja tekel di BRI Liga 1. Ia telah melepaskan 26 tekel.

Selain itu, pemain berusia 23 tahun itu juga membuat 34 intersep dan 13 clearance. Rian juga cukup piawai dalam tugas menyerang dengan catatan satu gol dan dua assist.

Marcelino Ferdinand

Marselino tercatat sebagai pemain tetap timnas U-20, U-23, dan senior Indonesia. Di usianya yang masih 18 tahun, Marselino telah mendapatkan kesempatan luar biasa dari Shin Tae-yong. Marselino baru memainkan 4 laga di BRI Liga 1 2022/2023.

Kondisi ini terjadi karena ia cedera dan harus bermain untuk timnas U-20. Dari empat laga tersebut, Marcelino mampu mencetak satu gol. Marselino mencetak gol dari tendangan jarak jauh saat Persebaya menang melawan PSIS. Tendangan jarak jauh memang menjadi keunggulan Marselino.

Ricky Kambuaya

Kambuaya belum mendapatkan penampilan terbaiknya di Persib Bandung. Namun, perlahan mantan pemain PSMP Mojokerto Putera itu mulai mencapai level terbaiknya. Performanya meningkat sejak Persib dilatih oleh Luis Milla.

Kambuaya memiliki kemampuan dribbling yang bagus. Namun, lebih dari itu, Kambuaya adalah gelandang yang sangat dinamis. Dia bisa memainkan tugas ofensif dan defensif dengan baik. Kambuaya sudah lama menjadi andalan Shin Tae-yong. Performanya terus meningkat juga hampir selalu masuk dalam starting xi timnas Indonesia.

Marc Klok

Marc Klok merupakan satu dari tiga pemain senior yang dibawa Shin Tae-yong saat berlaga di SEA Games 2021. Selain itu, Klok juga menjadi tumpuan ketika Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 lalu.

Marc Klok adalah penghubung antar lini yang baik. Dia bisa menjadi jembatan antara lini belakang dan lini tengah. Klok sangat pandai mengatur ritme permainan. Selain itu, survivability Klok juga cukup baik. Dari 10 pertandingan yang dimainkan di BRI Liga 1, Klok telah melakukan 14 pelanggaran, 12 tekel, 19 intersepsi, dan empat izin.

Syahrian Abimanyu 5 Gelandang Timnas Indonesia

Sekilas, peran Abimanyu dan Klok memang dekat. Namun, Abimanyu memiliki kecenderungan untuk membantu dengan serangan yang lebih besar. Abimanyu bisa bergerak di ruang antara garis, antara gelandang dan bek. Abimanyu juga bisa bermain dari posisi yang lebih dalam.

Salah satu kelebihan Abimanyu adalah umpan terobosannya. Dia memiliki visi passing yang sangat baik. Di Persija, umpan yang dilepas Abimanyu menjadi santapan empuk bagi Hanno Behrens, Yusuf Helal, dan Michael Krmencik.

Dari 10 penampilan di BRI Liga 1 2022/2023, pemain berusia 23 tahun itu telah membuat tiga assist. Rekor ini menjadi bukti bahwa mantan pemain Madura United itu memiliki visi umpan yang sangat bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *